Minggu, 05 Desember 2010

Yoga terhadap kesehatan

Latihan yoga sangat baik untuk kesehatan, baik itu kesehatan tubuh maupun pikiran, karena badan & jiwa memiliki hubungan yang erat. Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dengan berlatih yoga mulai dari melatih postur tubuh sampai mengubah kebiasaan buruk. Dengan yoga Anda juga dapat menyeimbangkan tubuh dan pikiran,mengatasi kelelahan, rileksasi, tetap awet muda, memperpanjang usia, mempermudah proses kelahiran, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Ada beberapa nasihat dasar apabila ingin melakukan yoga,yang mungkin belum diketahui banyak orang. Pada saat hendak berlatih yoga, sebaiknya perut dalam keadaan kosong (tunggu 2-3 jam sesudah makan), menggunakan alas seperti tikar,karpet,selimut, handuk, bantal atau karton. Sesudah berlatih yoga, tunggu setengah jam atau 1 jam apabila ingin makan. Pada pagi hari lakukan latihan yoga yang banyak bergerak (Hatha yoga, Raja yoga, Suryanamaskara, dll.), dan pada malam hari lakukan yoga yang diam (tratak, yoga nidra, dll.)

Dengan melatih badan setiap hari dengan teratur, peredaran darah akan menjadi lancar, pernafasan panjang dan teratur, pencernaan menjadi baik,organ-orang dalam semuanya berfungsi dengan baik, kewaspadaan dan kesadaran bertambah.

Memelihara kesehatan dengan latihan-latiahan yoga jauh lebih baik daripada mengkonsumsi obat-obatan untuk memulihkan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar